Capaian Pembelajaran Al-Qur’an Hadits
1.
Rasional Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis
Al-Qur’an dan Hadis adalah sumber pokok ajaran Islam dan pedoman hidup
kaum muslimin. Memahami dengan tepat dua warisan Rasulullah Saw., adalah syarat
utama untuk memahami ajaran Islam. Tanpa pemahaman yang tepat terhadap
Al-Qur’an dan Hadis, mustahil dapat mengamalkan ajaran Islam sesuai dengan
makna yang terkandung di dalamnya.
Memahami Al-Qur’an dan Hadis berarti mempelajari bacaan, struktur
bahasa, makna kandungan, sebab nuzul, dan sebab wurud hadis. Sehingga dapat
dipahami konteks ayat Al-Qur’an diturunkan dan hadis disampaikan oleh
Rasulullah Saw. Kewajiban mempelajari Al-Qur’an dan Hadis berarti kewajiban
mempelajari ilmu-ilmu yangberkaitan dengan Al-Qur’an dan Hadis. Dengan
demikian, pesan tersurat dan tersirat dalam Al-Qur’an dan Hadis dapat dipahami
dengan baik dan benar.
Nilai-nilai ajaran Islam yang terdapat dalam Al-Qur’an dan Hadis menjadi
ketentuan yang wajib diamalkan dan diaktualisasikan sesuai perkembangan zaman.
Kontekstualisasi ini penting sebagai pengejawantahan Islam yang rahmatan lil
‘alamin, akomodatif dengan segala kondisi, melintasi batas ruang dan waktu. Pada titik ini, Al-Qur’an dan
Hadis hadir menjadi solusi bagi umat dalam menghadapi perubahan, tantangan, dan
perkembangan peradaban.
Maka dari itu, pembelajaran Al-Qur’an dan Hadis dilakukan secara
berkelanjutan dan berkesinambungan. Pembelajaran Al-Qur’an dan Hadis diberikan
kepada peserta didik untuk membentuk karakter dan fondasi keimanan yang kokoh. Pembelajaran tersebut meliputi bacaan,
hafalan, pemahaman yang tepat, serta pembiasaan ajaran Islam hingga menjadi
sebuah budaya dalam kehidupan. Pada akhirnya, ajaran yang terkandung dalam
Al-Qur’an dan Hadis benar-benar mampu menjadi pedoman hidup yang akan membawa
manusia meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat.
2.
Tujuan Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis
Secara
substansial, mata pelajaran Al-Qur’an Hadis bertujuan memberikan motivasi
kepada peserta didik untuk mencintai kitab sucinya, mempelajari, dan
mempraktikkan ajaran dan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an dan Hadis
sebagai sumber utama ajaran Islam dan sekaligus menjadi pegangan hidup dalam
kehidupan sehari-hari.
Tujuan
pembelajaran mata pelajaran Al-Qur’an Hadis antara lain:
1)
Meningkatkan kecintaan peserta didik terhadap
Al-Qur'an dan Hadis;
2)
Membimbing peserta didik agar mampu membaca, menerjemahkan,
menganalisis kandungan ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadis;
3)
Membekali peserta didik dengan dalil-dalil
yang terdapat dalam Al-Qur’an dan Hadis sebagai pedoman dalam kehidupan dan solusi
dalam menyelesaikan segala permasalahannya;
4)
Meningkatkan pemahaman peserta didik secara
tekstual dan kontekstual dan pengamalan isi kandungan Al-Qur’an dan Hadis secara
komprehensif dan mendalam;
5)
Melahirkan perubahan sikap dan perilaku
peserta didik sebagaimana nilai-nilai yang diajarkan dalam Al-Qur’an dan Hadis;
6)
Membekali kemampuan untuk mengeksplorasi
makna-makna ayat dalam rangka menilai, memilih, dan memilah pemaknaan yang salih
li kulli zamanin wa makanin wa halin.
3.
Karakteristik Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits
Mata pelajaran Al-Qur’an Hadis merupakan mata pelajaran yang memuat
pedoman dasar ajaran agama Islam, yakni Al-Qur’an dan Sunnah Nabi Muhammad Saw.
(Hadis). Al-Qur'an Hadis sebagai sebuah mata pelajaran menekankan kemampuan
baca tulis yang baik dan benar, memahami makna secara tekstual dan kontekstual,
serta mengamalkan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari. Tidak kalah
pentingnya adalah menumbuhkan rasa cinta dan penghargaan tinggi kepada
Al-Qur'an dan Hadis sebagai pedoman hidup.
Karakteristik materi dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis cukup
kompleks, antara lain materi yang berkaitan dengan kemampuan membaca Al-Qur’an
dan Hadis sesuai kaidah ilmu Tajwid, menulis dengan benar, dan menghafal
surah-surah dan hadis pendek. Selain itu juga menyangkut pemahaman dan penghayatan makna yang terkandung dalam
Al-Qur’an dan Hadis yang dipelajari. Puncaknya ialah pengamalan dan pembiasaan
dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa mata pelajaran
Al-Qur’an Hadis mempelajari dasar pedoman ajaran Islam, memahami kandungan
maknanya, sekaligus mengamalkan ajaran tersebut. Kemampuan tersebut sebagai
pondasi utama bagi setiap muslim dalam beraktifitas, baik hablum minallah
maupun hablum minannas wal ‘alam. Hal ini sesuai tujuan hidup manusia
yakni ibadatullah (beribadah kepada Allah Swt.) dan imaratul ardl
(memakmurkan bumi).
4.
Elemen Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis
Elemen Al-Qur'an Hadis terdiri dari lima elemen kunci beserta
cakupan/ substansinya sebagai berikut:
4.1. Tajwid
Deskripsi: Kemampuan membaca Al-Qur’an meliputi ketentuan membaca dan melafalkan ayat-ayat
Al-Qur’an dengan baik dan benar.
4.2. Ilmu
Al-Qur’an
Deskripsi: Ilmu yang mengkaji tentang hal ihwal Al-Qur’an terkait dari aspek turunnya, transmisinya, lafaz
dan maknanya, yang berhubungan dengan hukum serta lainnya.
4.3. Ilmu Hadis
Deskripsi: Ilmu yang mempelajari dasar dan kaidah untuk
mengetahui hal ihwal tentang asbabul wurud, sanad, matan
dan rawi hadis dari aspek diterima atau ditolaknya hadis.
4.4. Al-Qur’an
Deskripsi: Kemampuan membaca, menerjemahkan,
menghafal, memahami makna secara tekstual dan kontekstual, menganalisis
ayat-ayat Al-Qur’an tentang tema-tema tertentu dalam kehidupan, dan
menyajikannya secara lisan atau tertulis, serta membiasakan diri melaksanakan tilawah,
tadabbur dan berusaha mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.5. Hadis
Deskripsi: Kemampuan menghafal,
menerjemahkan, memahami makna secara tekstual dan kontekstual, menganalisis,
dan menyajikannya secara lisan atau tertulis, hadis-hadis tentang tema-tema
tertentu dalam kehidupan, dengan membiasakan diri mengamalkan kandungannya
dalam kehidupan sehari-hari.
5.
Capaian Pembelajaran Al-Qur’an Hadis
5.1.
Fase A (Kelas I dan II Madrasah Ibtidaiyah)
5.2.
Fase B (Kelas III dan IV Madrasah Ibtidaiyah)
5.3.
Fase C (Kelas V dan VI Madrasah Ibtidaiyah)
5.4.
Fase D (Kelas VII, VIII, IX Madrasah
Tsanawiyah)
5.5.
Fase E (Kelas X Madrasah Aliyah/Madrasah Aliyah
Kejuruan)
Pada akhir
fase E, pada elemen Ilmu Al-Qur’an, peserta didik dapat memahami hal ihwal Ilmu
Al-Qur’an tentang pengertian Al-Qur`an menurut pendapat para ulama, sejarah
turun dan kodifikasinya, bukti-bukti keautentikan, kemukjizatan, pokok-pokok
kandungan, dan struktur Al-Qur’an, untuk meyakini kebenaran Al-Qur’an dan
mengamalkan pesan Al-Qur’an dalam konteks kehidupan bermasyarakat berbangsa dan
bernegara. Pada elemen Ilmu Hadis, peserta didik mampu memahami hal ihwal
tentang Ilmu Hadis yang meliputi: perbedaan hadis, sunnah, khabar, dan atsar,
sejarah kodifikasi dan perkembangan hadis, unsur-unsur hadis, kedudukan dan
fungsi hadis terhadap ayat Al-Qur`an, pembagian
hadis, serta tokoh-tokoh ulama hadis untuk meyakini kebenaran hadis-hadis
tersebut bersumber dari Rasulullah Saw., baik secara sanad dan matan maupun
kualitas kesahihannya serta mengamalkan Ilmu Hadis agar lebih kritis dalam
menerima dan merespon berita di masyarakat dalam konteks kehidupan berbangsa
dan bernegara.
5.5.1.
Elemen Ilmu Al-Qur’an
Capaian
pembelajaran: Memahami
hal ihwal Ilmu Al Qur’an yang meliputi: pengertian Al-Qur`an menurut pendapat
para ulama, sejarah turun dan kodifikasinya, bukti-bukti keautentikan, kemukjizatan,
pokok-pokok kandungan, dan struktur Al-Qur’an, untuk meyakini kebenaran
Al-Qur’an dan mengamalkan pesan Al-Qur’an dalam konteks kehidupan beragama,
berbangsa, dan bernegara.
5.5.2.
Elemen Ilmu
Hadis
Capaian
pembelajaran: Memahami
hal ihwal tentang Ilmu Hadis yang meliputi: perbedaan hadis, sunnah, khabar,
dan atsar, sejarah kodifikasi dan perkembangan hadis, unsur-unsur hadis, kedudukan dan
fungsi hadis terhadap ayat Al-Qur`an, pembagian hadis, serta tokoh-tokoh ulama
hadis untuk meyakini kebenaran hadis-hadis dan mengamalkannya dalam konteks
kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
5.6.
Fase F (Kelas XI dan XII Madrasah
Aliyah/Madrasah Aliyah Kejuruan)
Pada akhir fase F, pada elemen Al-Qur’an,
peserta didik mampu memahami kandungan ayat-ayat Al-Qur’an tentang tema-tema
tertentu dan mampu mengamalkannya dalam konteks kehidupan bermasyarakat berbangsa dan
bernegara. Pada
elemen hadis, peserta didik memahami kandungan hadis yang relevan dengan
perannya dalam kehidupan berbangsa, bermasyarakat, dan bernegara.
5.6.1.
Elemen Al-Qur’an
Capaian
pembelajaran: Memahami kandungan ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia sebagai khalifah
Allah, perintah berbuat baik kepada kedua orang tua, menghindari perbuatan
keji, toleransi, kewajiban menuntut ilmu pengetahuan dan pengembangannya,
tanggung jawab manusia, berkompetisi dalam kebaikan, menyikapi kehidupan dunia yang
sementara dan akhirat yang kekal, makanan yang halal dan baik, kewajiban
bersyukur, pola hidup sederhana, sabar menghadapi cobaan, pelestarian
lingkungan, kewajiban dakwah, amar ma’ruf nahi munkar, musyawarah dan
demokrasi, serta bersikap jujur dan adil dalam konteks kehidupan beragama,
berbangsa, dan bernegara.
5.6.2.
Elemen Hadis
Capaian
pembelajaran: Memahami hadis tentang manusia sebagai khalifah Allah, perintah
berbuat baik kepada kedua orang tua, menghindari perbuatan keji, toleransi,
kewajiban menuntut ilmu pengetahuan dan pengembangannya, tanggung jawab
manusia, berkompetisi dalam kebaikan, menyikapi kehidupan dunia yang sementara
dan akhirat yang kekal, makanan yang halal dan baik, kewajiban bersyukur, pola
hidup sederhana, sabar menghadapi cobaan, pelestarian lingkungan, kewajiban
dakwah, amar ma’ruf nahi munkar, musyawarah dan demokrasi, serta
bersikap jujur dan adil dalam konteks kehidupan, beragama, berbangsa, dan
bernegara.
6.
Bahan Ajar Al-Qur’an Hadits
6.1. Al-Qur’an Hadits Kelas 10
Madrasah Aliyah
Semester 1
·
Bab 1 Pengertian Al-Qur'an
dan Wahyu dari para Ulama'
·
Bab 2 Sejarah Penurunan
dan Penulisan Al-Qur'an
·
Bab 3 Bukti-bukti
Keautentikan Al-Qur'an
·
Bab 4 Kemukjizatan Al-Qur'an
·
Bab 5 Pokok-pokok
Ajaran Al-Qur'an
·
Bab 6 Struktur Ayat
dan Surat dalam Al-Qur'an
Semester 2
·
Bab 7 Pengertian Hadis, Sunah, Khabar dan Atsar
·
Bab 8 Sejarah Perkembangan Hadits
·
Bab 9 Unsur-unsur Hadits
·
Bab 10 Fungsi Hadits
terhadap Al-Qur'an
·
Bab 11 Pembagian Hadits dari Segi Kuantitas dan Kualitasnya
·
Bab 12 Biografi Tokoh-tokoh Hadits dan Kitabnya
6.2. Al-Qur’an Hadits Kelas 11
Madrasah Aliyah
Semester 3
·
Bab 1 Penciptaan Manusia dan Keikhlasan Beribadah
·
Bab 2 Hormat kepada Orang Tua dan Guru
·
Bab 3 Perintah Menghindari Pergaulan Bebas
·
Bab 4 Toleransi
·
Bab 5 Menuntut Ilmu
Semester 4
·
Bab 6 Amanah
·
Bab 7 Amal Shalih
·
Bab 8 Etos Kerja Pribadi Muslim
·
Bab 9 Makanan yang Halal dan Baik
·
Bab 10 Syukur
6.3. Al-Qur’an Hadits Kelas 12
Madrasah Aliyah
Semester 5
·
Bab 1 Sikap Sederhanadan Santun
·
Bab 2 Sabar
·
Bab 3 Kelestarian Lingkungan Hidup
·
Bab 4 Ilmu Pengetahuan
Semester 6
·
Bab 5 Dakwah
·
Bab 6 Amar Makruf Nahi Nunkar
·
Bab 7 Demokrasi
·
Bab 8 Sikap Adil dan Jujur
Referensi
Keputusan
Dirjen Pendis Nomor 3302 Tahun 2024 tentang Capaian Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam dan Bahasa Arab Kurikulum Merdeka pada Madrasah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar